Jumat, 27 September 2019

Adakah Planet Kaya Air Seperti Bumi? Mencari 'Dunia Baru':

Big News - Seperti diketahui, bumi memiliki apa yang diperlukan oleh manusia. Salah satu partikel yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia adalah Air (H2O). Jumlah Air di bumi mencapai duapertiga dari keseluruhan volume bumi.
Nah, seiring dengan menuanya usia bumi dan kegiatan manusia yang makin masif, kualitas Air mulai menurun. Ingat, bukan jumlahnya, melainkan kualitasnya. Karena itu, sejumlah ahli astronomi mulai mencari tempat hidup baru yang setidaknya memiliki Air. Inilah yang kerap disebut misi mencari dunia baru.
Suatu penelitian yang sangat terperinci mengungkapkan, sedikit sekali Air di tiga planet yang baru saja ditemukan di bagian terjauh dari tata surya. Hal ini tentu mengisyaratkan semakin sulitnya mencari dunia baru yang memiliki kelayakan seperti bumi yang kaya akan Air.
Menurut para ahli astronomi dari Cambridge University, planet-planet yang ada di dalam tata surya terbilang sangat panas. Suhu di planet-planet itu mencapai ratusan drajat celsius. Jadi, sangat mustahil menemukan Air di antara planet-planet tersebut.
"Sangat sulit dan hampir mustahil ada kandungan Air yang kaya akan oksigen di planet-planet dalam tata surya," sebut salah seorang mahasiswa di Cambridge University, belum lama ini.
Hingga kini, misi mencari dunia baru belum menemukan titik temu. NASA dan sejumlah ahli astronomi kerap menyatakan Mars sebagai calon terkuat. Namun sama saja, minim sekali Air.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar