Jumat, 25 Oktober 2019

Kamu Seorang Workaholic, Ini Ada Cara Untuk Mengatasi Stress

Big News - Motivasi seseorang menjadi penggila Kerja sangat beragam. Ada yang memang mengejar karier dan posisi yang tinggi demi stabilitas finansial, maupun pelampiasan hal lainnya.
Padahal disadari atau tidak, menjadi seorang Workaholic dapat berdampak buruk bagi fisik dan psikis. Sering sakit, sistem imun menurun, insomnia, gangguan kecemasan, dan Stres bisa muncul akibat kebanyakan bekerja.
Jika perasaan negatif dan Stres itu diabaikan, tak hanya pekerjaan yang terancam tetapi juga kesehatan kamu, lho. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh si Workaholic untuk menghilangkan Stres.
Menenangkan diri
Ketika tekanan besar melanda, menengkan diri bukanlah hal yang mudah. Namun, tak ada salahnya untuk kamu coba, misalnya dengan cara sederhana seperti menarik nafas panjang dan melakukannya berulang kali.
Sebab menurut seorang psikolog bisnis dan penulis Success Under Stress, Sharon Melnick, ini sama efektifnya dengan yoga. Bedanya, cukup dilakukan di meja Kerja.
Mengistirahatkan otak dan tubuh
Alih-alih bekerja mati-matian tanpa henti, lebih baik kamu meluangkan waktu sebentar saja untuk mengistirahatkan otak dan tubuhmu. Liburan bisa jadi salah satu solusinya. Kamu bisa Saja memilih tempat wisata seperti pantai, atau jika ingin merasakan kesejukan, kamu bisa berwisata alam. Liburan memang dianggap bisa menyegarkan pikiran dan melepaskan Stres setelah sekian lama bekerja.
Kamu juga harus membiarkan otak dan tubuh menikmati waktu senggang dengan bersantai. Menikmati waktu libur dengan bersantai sangat penting untuk meningkatkan produktivitas lho.
Cobalah untuk menghindari pikiran dan lingkungan negatif
Menurut laporan Forbes, dalam satu hari terdapat sekitar 60 ribu pikiran lalu lalang di kepala kita. Itu semua termasuk pikiran terhadap diri sendiri, penilaian orang lain, dan kondisi sekitar. Nah, supaya hal tersebut tak berubah menjadi tekanan dan pikiran negatif, maka kamu tak perlu memusingkan kata maupun persepsi orang lain. Kamu harus tetap berpikiran positif dan terus melakukan hal produktif.
Hindari makan siang di meja Kerja
Istirahat makan siang tak bisa kamu sepelekan lho. Saking sibuknya, kamu mungkin melewatkan waktu istirahat atau malah makan siang di meja Kerja. Padahal, Istirahat makan siang adalah waktu yang tepat untuk 'me-recharge' otak. Beranjak dari kursi dan menjauh dari meja Kerja dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas, mengurangi Stres, dan mencegah obesitas.
Jalani hidup sehat
Si Workaholic umumnya melupakan kondisi tubuh karena terus sibuk berkutat dengan pekerjaannya. Tapi perlu diingat, makan sehat dan tidur cukup juga harus jadi perhatian supaya kamu bisa tetap produktif untuk waktu yang lama. Pasalnya, pekerja yang mengalami Stres berlebih akan cenderung memiliki emosi tak stabil dan menjalani pola hidup tidak sehat, seperti merokok, begadang, makan asal-asalan, mengonsumsi obat-obatan.
Maka dari itu, pastikan kamu memiliki pelarian yang tepat dengan menjalani olahraga secara rutin dan istirahat cukup setidaknya 7 jam supaya terhindar dari Stres.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar