Selasa, 21 April 2020

5 Trik Berhemat Saat Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

Big News - Bulan Ramadan akan segera datang. Berbagai persiapan tentunya harus dipikirkan sejak dini, termasuk pengeluaran dan Anggaran Belanja Ramadan.
Seperti diketahui, pada bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri biasanya harga Kebutuhan Pokok akan mengalami kenaikan. Jika tak disiasati dengan tepat, bisa jadi pengeluaran akan membengkak.
Apalagi, di tengah pandemi COVID-19, pemasukan bisa menjadi sedikit terhambat. Jadi, mulailah untuk Berhemat dengan beberapa trik berikut.
1. Pisahkan kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri
Buatlah rencana Anggaran yang akan dikeluarkan selama Ramadan hingga Idul Fitri. Mulailah membuat daftar dari Kebutuhan Pokok seperti menu makan sehari-hari hingga kebutuhan tambahan seperti Belanja baju baru untuk anak atau pernak-pernik rumah untuk menyemarakkan Idul Fitri.
Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan pemasukkan, supaya pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.
2. Selektif memilih jadwal berbuka puasa bersama di luar
Berbuka puasa bersama biasanya menjadi agenda wajib dan menjadi momen reuni bagi teman semasa sekolah. Sebaiknya, tidak usah menerima semua tawaran berbuka puasa karena ini akan membuat Anggaran membengkak.
Selain itu, berbuka puasa di rumah juga lebih aman karena di masa pandemi seperti sekarang, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah. Buka puasa di rumah tentunya akan menghemat pengeluaran ketimbang berbuka di tempat makan.
3. Tahan diri dengan tawaran promo Belanja
Bulan Ramadan juga menjadi ajang bagi sejumlah marketplace untuk mengadakan promo spesial. Jika tak bisa menahan diri, alih-alih menggunakan promo untuk Berhemat, malah boros karena kalap saat berbelanja. Pilihlah beberapa promo hanya untuk berbelanja Kebutuhan Pokok saja.
4. Anggarkan uang THR untuk tabungan
Bagi yang masih menerima THR, jangan terburu-buru untuk membelanjakannya. Alokasikan uang THR untuk sesuatu yang lebih mendesak atau ditabung saja. Memiliki tabungan akan membuat pikiran sedikit lega karena memiliki simpanan uang pribadi yang bisa digunakan kapan saja.
5. Bulan Ramadan, bulan untuk Berhemat
Dengan adanya perubahan rutinitas, terutama pada siang hari tentunya bisa membuat kita Berhemat. Jika biasanya saat siang hari kita mengeluarkan uang untuk membeli jajan atau makanan, maka uang tersebut bisa disimpan dalam rangka Berhemat.

Ditambah lagi di tengah pandemi yang belum tahu kapan akan selesai, Berhemat merupakan sesuatu yang bijak.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar