Selasa, 21 April 2020

Cegah Lemas, Ini Tips Membuat Tubuh Terhidrasi dengan Baik Saat Puasa

Big News - Saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan H2O selama seharian penuh, hal ini bisa mengakibatkan Dehidrasi. Ini menjadi tantangan bagi umat muslim saat Ramadan. Terlebih pada bulan Mei sejumlah wilayah di Indonesia seperti Bali, Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi memasuki musim kemarau.
Untuk mengatasi Dehidrasi, biasanya orang akan mengonsumsi air putih lebih banyak ketika sahur. Nah, untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik saat puasa sebaiknya juga lakukan tips berikut ini.
1. Selain air putih, perbanyak juga konsumsi susu dan air kelapa
Susu dan air kelapa merupakan beberapa alternatif selain air putih. Pilihlah susu yang rendah lemak untuk diminum saat berbuka puasa. Air kelapa juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa agar menjaga asupan cairan tubuh. Kurangi minum kopi dan teh karena minuman yang mengandung kafein justru akan membuat tubuh lebih mudah mengalami Dehidrasi saat puasa.
2. Konsumsi sayuran hijau dan smoothie
Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan air. Sayuran-sayuran ini bisa diolah menjadi salad atau sup. Selain itu, pilihlah beberapa jenis buah seperti semangka, stroberi, atau apel untuk dibuat menjadi smoothie. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsi keduanya saat sahur.
3. Pilihlah makanan yang kaya Mineral untuk berbuka puasa
Makanan yang mengandung Mineral mampu menjaga dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Makanan yang kaya Mineral ini bisa ditemukan di beberapa buah dan sayur.
Selain itu, kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang juga merupakan buah kesukaan Rasulullah dan dijadikan sunah sebagai makanan untuk berbuka puasa. Kurma memiliki sumber glukosa alami yang membantu sel menyimpan cairan tubuh menjadi cadangan energi.
4. Rutin mengaplikasikan pelembab pada kulit
Menggunakan pelembab saat berpuasa juga merupakan salah satu cara menjaga tubuh tetap terhidrasi dari luar. Gunakan pelembab atau moisturizer pada wajah dan leher secara rutin. Kamu bisa mengaplikasikannya setelah mandi dan menjelang tidur.
5. Olahraga ringan
Olahraga memang membutuhkan energi yang lebih, terutama saat berpuasa. Namun, jika olahraga rutin dilakukan, maka bisa menjadikan tubuh tetap bugar meski berpuasa. Caranya, pilih olahraga yang ringan dan waktu yang tepat seperti sebelum atau sesudah berbuka puasa.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar